-->

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Usaha online semakin menjamur. Dalam soal jual beli contohnya, banyak pedagang yang mengubah aktivitasnya ke online. Kamu tentu sudah seringkali dengar kan, banyak pelaku bisnis online yang mengantongi untung mengundang selera tanpa ada butuh buka lapak fisik

Tentu tidak dikit dari kamu yang tertarik buat ikut-ikutan terjun usaha online. Tetapi, kamu masih bertanya-tanya: “gimana ya langkah mengawali usaha online dari 0?” 

Nah, agar rasakan untung dari usaha online, beberapa cara mengawalinya butuh kamu lihat. Karena beberapa cara itu nanti akan pengaruhi usaha online-mu ke depan, sukses atau justru berhenti ditengah-tengah jalan.

Baca: Bisnis Offline Modal Kecil

Buat lebih detilnya, baca nih langkah mengawali usaha online dari 0. 

Jika tidak memahami dengan barang yang ingin kamu jual, ngapain kamu lakukan usaha online? Memahami gaknya kamu memastikan lho bagaimana hasil usaha online-mu kelak. Penting tahu ini. Karena ini jadi langkah mengawali usaha online dari 0. 

Hal pertama yang harus kamu mengerti ialah barang atau produk yang akan kamu jual. Serta, kamu harus tahu sedetail-detailnya. Pemahamanmu ini menolong kamu bikin tahu kualitas produk yang di jual. Kamu juga paham berapakah harga beli serta harga jual yang patut. 

Ke-2, kamu harus juga mengerti hasrat pasar. Apa yang beberapa orang senang sekarang? Mode seperti apa yang mereka ingin punyai? Jika beberapa hal itu dapat kamu mengerti, ditanggung beberapa barang yang kamu jual datangkan banyak konsumen. 

Ke-3, yakinkan produk yang kamu memasarkan kelak, banyak yang mencari di Google. Langkah gratis untuk tahu banyak-tidaknya orang yang cari produkmu, kamu dapat pakai Google Kata kunci (keyword) Planner. Dari sana kamu dapat lihat berapakah volume penelusuran dari produk yang akan kamu jual. 

Jika volume penelusuran dari barang yang akan kamu jual terlalu tinggi, karena itu semakin tinggi kompetisi dalam jual barang itu. Pikirkan untuk cari variasi unik dari barang itu, yang masih jarang-jarang di jual orang lain, tetapi disenangi. 

Kamu harus tahu benar kompetitormu. Triknya, kamu mulai bisa dari analisa bagaimana mereka jual produk mereka dengan online. Buka-buka saja di basis online marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, sampai Shopee. 

Cari info apa yang mereka menawarkan hingga banyak yang ingin beli. Rating serta ulasan memang kasih dampak cukup kuat. Tetapi, hal itu tidak selama-lamanya berlaku. Tidak dikit antara konsumen yang sedih lalu kasih rating serta ulasan buruk. 

Dari sini kamu dapat belajar buat tawarkan keunggulan bisnismu sebagai kekurangan di pesaing. Contohnya saja masalah konsumen yang paling tidak senang tanggapan yang lama atau pengemasan yang sembarangan. 

Nah, kekurangan pesaing itu dapat kamu gunakan buat mengoptimalkan penjualan usaha online-mu. Contohnya nih, jika ada pertanyaan yang singgah, kamu kudu jawab secara cepat. Terus pengemasan barang, jika sangat mungkin, lebih bubble wrap supaya konsumen bahagia. 

Harga memastikan sekali. Tetapi, jual barang tambah murah dari lapak lain tidak selama-lamanya akan datangkan banyak konsumen. Masih ada kok serta banyak justru yang mengutamakan kualitas daripada murahnya harga. Pokoknya, kamu masih jual pada harga yang termasuk bersaing. 

Boleh-boleh saja kamu mencari supplier di pusat grosir. Tetapi, kamu akan susah buat mengambil untung dari produk yang kamu jual. 

Terus mencari supplier dimana dong? Jangan tutup peluang buat mencari supplier sampai ke luar negeri. Atau mungkin dengan mendatangi sentral pengrajin di beberapa daerah. Faktanya, Brodo, merek sepatu cowok, dapat sukses dengan mendayakan pengrajin sepatu Cibaduyut. 

Kalau kamu ingin kerja sama dengan supplier di luar negeri sana, kamu dapat menelusurinya melalui Alibaba. Disana banyak barang dan supplier-nya yang dapat dihandalkan. 

Lebih enak nih jika kamu dapat menjajaki kerja sama jadi dropshipper serta reseller. Di Indonesia ada Supplier, Dusdusan, serta Bandros yang tawarkan kerja sama untuk kamu yang ingin jadi dropshipper atau reseller.

Baca: Usaha Bisnis Makanan Yang Menguntungkan

Banyak yang mengawali usaha online secara dapat disebut sembarangan. Dari mulai pemberian nama merek bisnisnya sendiri sampai simbol yang dibuatnya. Walau sebenarnya nih, keyakinan beberapa orang buat beli terjaga dari citra usaha tersebut. 

Lihat saja brand-brand yang populer seumpama Pepsi atau Nike. Nama serta simbol merek mereka demikian menempel di pemikiran beberapa orang. Ditambah lagi kualitas yang mereka menawarkan, membuat beberapa orang meyakini jika produk mereka itu bagus. 

Bukan rahasia jika promo melalui sosmed dapat dikerjakan dengan berbayar, tetapi dapat juga gratis. Tetapi, walaupun saling menolong tingkatkan volume penjualan, di antara gratis serta berbayar jelas lebih efisien yang berbayar sebab lebih tertarget. 

Sekarang sosial media seumpama Facebook serta Instagram tawarkan ads atau iklan berbayar buat yang ingin produknya semakin diketahui. Diambil dari Facebook, ongkos beriklan di sosmed itu diawali dari US$ 5 sampai US$ 50 ribu per minggu

Itu bermakna kamu siapkan dana dari mulai Rp 72 beberapa ribu sampai Rp 720 juta-an per minggu. Mahal sich memang. Tetapi, melalui gratisan juga, tidak tutup kesempatan buat bisa untung banyak kok. Asal dari pertama kamu sudah santer promokan brand-mu secara baik. 

Itu barusan lima langkah mengawali usaha online dari 0. Semoga saja dengan mengaplikasikan beberapa cara di atas, kamu dapat mendapatkan banyak untung. Selamat coba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel