Analisis Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi (Berdasarkan Pengalaman)

Mudik dengan mobil pribadi sangat disarankan apabila anda membawa keluarga, khususnya jika mempunyai anak balita yang masih dibawah umur. Perjalanan jauh mudik menggunakan mobil dirasa lebih aman hingga sampai ke tujuan. Selain keamanan, hal lain yang membuat mudik pakai mobil pribadi itu wajib anda lakukan adalah masalah kenyamanan.

Jika mempersoalkan masalah biaya mudik dengan mobil pribadi, berapa pun biayanya asalkan mudik aman dan nyaman tentu bisa menjadi pilihan tepat bagi segelintir orang. Mudik dengan anak kecil misalnya, apakah anda tega melihat balita anda kepanasan, keanginan dan kehujanan? tentu saja tidak kan? Maka dari itu, pilihan tepat mudik lebaran idul fitri adalah menggunakan mobil pribadi.
Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi
Sebelum memulai perjalanan mudik dengan mobil pribadi, anda harus mempersiapkan segala persiapan agar nantinya mudik yang diharapkan dapat terlaksana, atau lebih tepatnya merasakan asyiknya mudik dengan mobil pribadi.

Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi

Persiapan utama jika mempunyai rencana mudik dengan mobil tentu saja anda harus mempunyai mobil, alternatif lain yaitu menyewa mobil. Pengeluaran sewa mobil untuk mudik lebaran tentu tidak sedikit, biayanya bervariasi dihitung per hari atau per minggu. Tarif mobil jika hari-hari biasa sekitar 350 ribu, sementara jika menjelang lebaran bisa naik dua kali lipat (700 ribu) per hari. Oleh sebab itu, sewa mobil untuk mudik lebaran tidak saya sarankan bagi anda. Alternatif lainnya bisa pinjam mobil kepada teman dekat atau rekan kerja.

Servis mobil merupakan persiapan wajib anda jika berencana mudik dengan mobil pribadi. Cek seluruh bagian mobil siapa tau ada yang bermasalah, bisa juga modifikasi mobil di bengkel mobil agar bisa membawa barang-barang banyak keperluan yang akan dibawa. Pilihlah bengkel mobil langganan anda, agar kualitas servis mobil yang didapat memuaskan dan kendaraan menjadi nyaman saat dikendarai.
Baca : Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil Pribadi

Biaya Bensin Mudik dengan Mobil Pribadi

Salah satu biaya pengeluaran saat mudik dengan mobil pribadi adalah bensin, seberapa banyak bensin yang akan dikeluarkan harus dihitung agar perencanaan yang dilakukan tepat sasaran. Jenis mobil apa yang anda pakai, jenis bahan bakar bensin apa yang dipakai, dan berapa jauh perjalanan anda harus dikalkulasikan. 

Harga bahan bakar saat ini berkisar antara Rp. 8.500 hingga Rp. 9500 per liter. Agar penghitungan real biaya bensin tidak membengkak, anggap saja biaya bensin tertinggi Rp. 9500 per liter. Sementara jarak tempuh tiap jenis mobil berbeda beda. Jenis All New Xenia 1.298 CC yakni 1 liter dapat digunakan maksimal 12,6 km dan All New Avanza 1.300 CC sama sekitar 12, 6 km perliter.

Berikut ini contoh biaya bensin perjalanan antar kota dan provinsi yang harus anda di keluarkan. Perjalanan Mudik dari Kota Jakarta menuju Banyumas dengan jarak tempuh sekitar 353 km, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah :
  • 352 km : 12,6 = 28,4 liter
  • 28,4 liter x Rp. 9500 (perliter) = Rp. 268.280

Jika dianalisis, mudik menggunakan mobil bersama keluarga dengan mobil yang bermuatan 4-6 orang tentu dapat menghemat biaya, dan keamanan serta kenyamanan pun didapatkan.

Biaya Tol Mudik dengan Mobil Pribadi

Selain bensin, biaya tarif tol juga harus anda hitung karena termasuk pengeluaran saat mudik menggunakan mobil. Tiket masuk tol tentu tidak semahal tiket bus saat musim mudik lebaran berlangsung. Perkiraan besarnya jumlah biaya tarif masuk tol bisa anda ketahui setelah menganalisis beberapa hal seperti ruas tol mana yang akan digunakan, pilih pintu masuk, gerbang keluar dan golongan kendaraan. 

Berikut ini beberapa daftar harga tarif tol yang dapat menambah informasi anda saat mudik, bisa cek secara lengkap disini : Cek Tarif Tol Untuk Mudik Lebaran

Biaya Makan dan Minum di Perjalanan

Makan dan minum merupakan kebutuhan wajib setiap manusia, jadi persiapan ini tidak boleh anda abaikan begitu saja. Tentukan berapa biaya pengeluaran makan dan minum saat perjalanan, contohnya anda mempunyai target setiap anggota yang dibawa mudik lebaran dengan mobil pengeluarannya setiap makan paling besar Rp. 25 ribu, syukur-syukur bisa kurang.


Maka jika di mobil ada sekitar 4 orang, biaya yang harus dikeluarkan setiap makan dan minum adalah 100.000. Jika perjalanan cukup jauh tentu dibutuhkan makan beberapa kali, maka tinggal hitung saja berapa kali. Momen libur lebaran atau mudik lebaran tentu harga makanan di warung makan menjadi agak lebih mahal daripada hari-hari biasa, karena peluang besar bagi warung tersebut memperoleh keuntungan lebih, "ibaratnya panennya kalau usaha dibidang kuliner.

Warung makanan di pinggir jalan pasti ramai dipenuhi oleh pemudik yang sedang beristirahat makan dan minum. Oleh sebab itu, jika mudik anda tidak terlalu jauh sekitar perjalanan 5-6 jaman, maka saya sarankan membawa bekal sendiri. Selain malas antri, dan bingung mencari warung makanan yang tepat sasaran dengan selera, membawa bekal makanan dan minuman sendiri tentu akan lebih menghemat biaya libur lebaran anda menggunakan mobil pribadi.

Kesimpulan

Mudik menggunakan mobil pribadi lebih aman dan nyaman. Biayanya lebih hemat bila anda hitung dengan teliti dan memilih pilihan yang tepat dengan budget yang dibawa. Segala persiapan mengenai kendaraan yang digunakan harus tepat dan cermat sehingga dapat dikendarai dengan nyaman dan aman. Berikut saran penulis sebelum anda mudik menggunakan mobil pribadi.
Baca : Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Analisis Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi (Berdasarkan Pengalaman). Semoga bermanfaat bagi anda, khususnya yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel